Blog Maluku tahuribabunyi

blog tahuri babunyi
anak - anak tiup tahuri

* TAHURI sebagai alat musik

Tahuri = kuli bia = fu = terompet kerang,  merupakan alat musik tradisional khas Maluku yang terbuat dari 100% bahan alami yaitu dari kerang laut yang dicuci bersih kemudian dikeringkan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari, setelah itu dilubangi bagian porosnya untuk menghasilkan nada - nada ketika ditiup. Semakin kecil bentuk tahuri, maka semakin nyaring bunyi yang dihasilkan dan sebaliknya semakin besar tahuri maka semakin redam suaranya (bass).

Alat musik ini sering digunakan pada upacara adat maupun pentas seni musik yang dikolaborasi dengan tifa, kolintang dan seruling. Namun jauh sebelum itu, tahuri merupakan alat komunikasi orang Alifuru yang digunakan para marinyo (penyalur pesan) untuk menyampaikan pesan dari raja kepada masyarakat. Dalam konteks cakalele, tahuri yang ditiup prajurit berarti 'memanggil' serta dapat memberikan semangat membara di dalam dada prajurit kabaressi.


* filosifi blog tahuribabunyi

Terinspirasi dari makna tahuri sebagai alat musik serta menyandingkannya dengan kata 'babunyi' yang berarti berbunyi, maka  blog tahuribabunyi diciptakan untuk menjadi media kreatif guna berbagi berita - berita menarik seputar Maluku. Oleh karena syarat utama konten atau artikel yang diterbitkan harus memiliki nilai edukatif, maka diharapkan seluruh elemen dari blog tahuribabunyi dapat memberikan dampak positif bagi Maluku.

Kegunaan suara tahuri ketika ditiup sama halnya blog tahuribabunyi ketika menyuarakan segala sesuatu tentang Maluku. Dengan demikian, setiap postingan dalam blog ini bersifat informatif berdasarkan fakta, wawancara, cerita turun - temurun, opini, hingga data statistik yang terbagi dalam setiap kategori/label sesuai kebutuhan pembaca.


* sosial media 

twitter @tahuribabunyi | instagram @tahuribabunyi | facebook fanspage @tahuribabunyi

Awalnya, blog ini hanya menggunakan facebook fanspage sebagai indikator pembaca setia blog, namun seiring berkembangnya tingkat pengguna sosial media twitter dan instagram di Maluku, maka lahirlah akun ig dan twitter yang telah terintegrasi untuk menyebarluaskan setiap konten blog.


* sejarah singkat lahirnya blog tahuribabunyi

Hobi admin yang sering berurusan dengan komputer (harware & software) sejak SD terus meningkat tiap tahunnya. Hobi ini pun mengantar admin untuk belajar menggunakan blog dengan platform blogger pada masa SMP sehingga sering menghabiskan waktu di warnet untuk belajar coding dan tampilan blog (waktu friendster masih berkuasa). Pada masa itu, jumlah warnet di Ambon hanya dua lokasi dengan kecepatan internet yang sangat memprihatinkan.

Seiring bertambah luasnya network pengguna sosial media, kebiasaan chating mIRC dengan orang luar pun akhirnya membuat admin berpikir untuk mempromosikan Maluku pada dunia. Blog yang tadinya menulis hal - hal pribadi akhirnya dipenuhi dengan tulisan - tulisan mengenai Maluku. Fase ini terus berlangsung di masa SMA dengan alamat blog ddevan39.blogspot.com. 

Setelah keluar merantau dan bisa berkenalan dengan beberapa blogger di daerah lain barulah admin paham seluk beluk dunia blogging yang baik dan benar disamping membaca tutorial di internet (yang kebanyakan hanya tutorial abal - abal). Dengan sedikit merasa malu karena masih menggunakan tulisan alay (huruf angka, tulisan besar kecil, permintaan meninggalkan komen dll) akhirnya blog lama pun dihapus secara permanen. 

Lahirlah konsep GoBlog For Maluku yang sekaligus mejadi alamat situsnya goblogformaluku.blogspot.com karena masih seputar merancang blog demi mempromosikan Maluku. Menyadari alamatnya terlalu panjang dan kurang branded, maka dibuat blog yang baru lagi dengan nama GoMoluccas.blogspot.com. GM mampu bertahan selama hampir dua tahun dengan konten - konten yang sangat diminati oleh pembaca karena meliput kegiatan sehari - hari orang Maluku.

Yakin dengan transformasi gaya bahasa yang sudah mulai interaktif dan konsisten, akhirnya admin memodifikasi GoMoluccas menjadi blog baru dengan menambahkan unsur branding dan teknik sosial networking. Dengan antusias, akhirnya domain berbayar pun di beli dengan alamat  situs tahuribabunyi.com. Iya, dot com, Top Level Domain (TLD) dimana terdapat resiko yang cukup besar jika blog ini gagal lagi.

Konsep tahuribabunyi lahir pada tahun 2012 berupa rancangan jangka panjang sambil menjalankan blog GoMoluccas. Akhirya pada tahun 2015, admin memutuskan untuk tetap konsisten dengan hanya satu blog yaitu tahuribabunyi sebagai media untuk mempromosikan Maluku, dihapuslah domain lama dan melakukan repost di alamat blog yang baru. Berbagai teknik optimasi, labelisasi dan basis data menjadi kekuatan khusus untuk admin berjuang mempertahankan blog ini tetap eksis. Terbukti, berbagai konten blog tahuribabunyi banyak diperbincangkan oleh pengguna sosial media (dalam dan luar Maluku) dan mampu menjangkau viewer dengan range kisaran 600 - 1000 pengunjung tiap harinya. 


* last words


Menyadari sungguh bahwa blog ini punya banyak kekurangan dan masih jauh dari kesempurnaan, maka admin memohon maaf yang sebesar - besarnya jika ada postingan yang tidak berkenan di hati pembaca, serta bersedia menerima kritikan demi memperbaiki apa yang harus diperbaiki dalam blog ini sehingga blog tahuribabunyi akan terus eksis sebagai Blog Maluku terbaik serta menjadi media independen yang berintegritas dalam skema membangun Maluku dengan cara - cara yang kreatif.



Hormat,


admin

Share this:

 
Copyright © tahuribabunyi. Designed by OddThemes