Ilmu Hidup: Nasehat Paling Populer

Berbicara mengenai nasehat atau petuah dari orang yang lebih tua maka ada satu nasehat yang sangat terkenal di Maluku yaitu Ilmu Hidup.

Ya. Ilmu Hudip.
Rendah HatiPoin dari nasehat ini adalah mengenai kemampuan seseorang untuk bisa hidup dengan cara masing - masing pribadi. Nasehat ini menuturkan kalimat yang berbunyi "Semua Ilmu yang ada di dunia ini bisa kamu pelajari lewat buku, tetapi untuk hidup, kamu harus menemukan caranya sendiri' artinya bukan makan untuk bisa tetap hidup tetapi bagaiman seorang individu bisa disegani/diharmati orang lain, bisa diterima, bisa berproses dan berkembang bersama orang lain sehingga menjadikan hidup lebih bermakna. Itulah hidup yang dipahami mayoritas orang Maluku.

Apa yang membuat nasehat ini begitu terkenal ?
Nasehat ini selalu diceritakan turun - temurun ke setiap generasi dan untuk diterapkan sehingga nasehat yang satu ini selalu terniang di pikiran orang Maluku.

Namanya nasehat berarti pesan khusus dari orang yang sudah berpengalaman yang diturunkan agar penerusnya tidak mengulangi kesalahan, apalagi dalam konteks kehidupan sosial tentunya ada resiko yang harus ditanggung ketika nasehat ini dipandang sebelah mata. Seorang yang berpendidikan tinggi saja tidak menggangap remeh nasehat ini karena mereka paham betul resikonya jika tidak diindahkan.

Resiko terburuk dari menentang nasehat ini adalah masalah sosial yang berkaitan dengan kepribadian seseorang yang akan mengalami penolakan karena mengganggap diri selalu benar dengan caranya sendiri. Tetapi ketika memahami nasehat ini dan mau mengaplikasikannya, maka akan timbul kerendahan hati yang sangat mendalam sebagai start awal untuk mengarungi sebuah kehidupan yang baru.


#TahuriBabunyi

Share this:

 
Copyright © tahuribabunyi. Designed by OddThemes