4 Tips Merawat Kain Tenun Maluku Tenggara

Ada banyak jenis kain tenun nusantara dengan ciri khas masing - masing daerah, mulai dari cara memintal benang, memberikan warna, pembentukan motif dalam proses tenun dll. Begitupun dengan jenis kain tenun dari Maluku tenggara yaitu jenis kain tenun ikat yang sangat unik dengan proses pombuatan yang sangat sulit pula sehingga sudah seharusnya para konsumen mengetahui cara merawat kain tenun yang baik dan benar mulai dari ;

tips merawat kain tenun
kain tenun Tanimbar
 #1. Digulung

kain tenun berbeda dengan produk fashion lainnya yang sering digantung atau dilipat. Jika kain tidak sedang digunakan atau dalam penyimpanan, haruslah dengan cara digulung agar kain tetap kuat dan tidak mengalami cacat dibandingkan dengan cara melipat.


#2. Dianginkan
kain tenun yang biasanya disimpat dalam waktu relatif lama harus dikeluarkan dan digantung sekitar 22jam untuk kontak dengan udara bersih (bukan matahari langsung). Hal tersebut dilakukan agar kain tidak berbau dan terhindar dari jamur.


#3. Anti Serangga

orang Maluku punya cara khusus untuk tetap menjaga kualitas kain dalam penyimpanan yaitu dengan cara meramu beberapa butir lada dan cengkeh yang dibungkus dengan kain kasa kemudian diselipkan di dalam penyimpanan kain tenun. Dijamin tidak akan ada rayap dan serangga lain yang berani lewat, kalau ada serangga yang mau lewat, putus panggal malintang patah.


#4. Gunakan gel silika

hal ini bertujuan untuk mengatasi kelembaman udara yang cukup tinggi di Indonesia karena kain akan mudah rusak jika terlalu lama berada pada kondisi udara lembab.




#tahuribabunyi

Share this:

 
Copyright © tahuribabunyi. Designed by OddThemes