9 Sifat Unik Orang Ambon

Artikel sebelumnya membahas mengenai karakteristik orang Ambon berdasarkan budaya adat. Faktanya, ada beberapa hal menarik dari sifat - sifat orang Ambon yang belum diketahui banyak orang luar. Postingan ini akan sangat berguna jika ada orang luar yang memiliki teman atau mau berteman dengan orang Ambon, pastikan mengetahui hal - hal ini;

sifat sifat orang

#1 senyum nomor satu
Hal ini yang paling utama dan terutama yang dimiliki orang Ambon, sekalipun tampangnya sangar - sangar mama mia bala-bala tapi jangan tanyakan soal senyuman orang Ambon yang manis - manis, kalau tidak percaya, buktikan saja sendiri.

#2 volume suara seperti tifa tahuri
Nah, biasanya orang luar sering menilai orang Ambon yang identik dengan marah - marah karena aksen logat yang sering hekar (berteriak/ kasar) padahal itu tidak sedikitpun mengandung amarah. Faktanya, ada Negri  yang berlokasi di pesisir pantai dan ada yang berlokasi di pegunungan. Coba tebak, lokasi desa mana yang punya gaya bicara berteriak dan pelan/ halus ?

#3 terlalu sayang
Itu bukan ungkapan untuk anak - anak alay. Orang Ambon punya idealisme yang tinggi soal menerapkan kasih dan rasa kekeluargaan sekalipun beda negri bahkan agama. Rasa sayang yang sangat mendalam baik dalam keluarga, pertemanan, bahkan hubungan 'spesial'

#4 sebelum mereka melampiaskan amarah, pasti dikasi ultimatum sebanyak 2 kali
Hal ini paling sering terjadi di hampir semua kalangan, biasanya orang tua terhadap anak muda dan sesama anak muda. Satu kesalahan yang dibuat orang lain, akan dianggap angin lalu dan respon yang keluar hanyalah 'oh, tidak apa - apa, tidak masalah kok, jangan diulangi lagi ya..', jika terulang yang kedua kalinya akan dikasi ultimatum untuk jangan sampai terjadi kesalahan yang sama lagi untuk yang ketiga kalinya.. dannnn.... kalau masih tetap mengulangi kesalahan yang sama (bukan sami simor*), dijamin bisa terjadi perang dunia,

#4 baik laki - laki maupun perempuan, mereka pandai menilai orang yang sombong
Jangan sampai salah bergaul dengan orang Ambon ! semakin anda berbicara 'tinggi' (istilahnya: bicara pukul tinggi=sombong) maka semakin anda dipuji dan diacungkan jempol agar anda semakin besar kepala, padahal dalam hati mereka, anda hanyalah pembual yang tidak berguna.

#5 anak kecil, remaja, orang dewasa bahkan oma opa semuanya jago masak
Ini yang paling tidak diketahui banyak orang luar. Memasak itu bukan tradisi !!!! tapi jika tidak ada yang tau masak, bersiaplah untuk mendapat 'pujian' pedas dari orang lain. Khusus perempuan, hal ini sangat penting karena jika waktu apel di rumah calon suami dan si mertua menguji dengan cara memasak, bersiaplah untuk mengadu skill.

#6 orang Ambon tidak bisa melihat rekannya/ kerabatnya dalam kesusahan
istilahnya 'sampe hati'. Mereka akan merasa tidak berperi kemanusiaan jika tidak terlibat untuk membantu rekannya yang sedang kesusahan. Inilah keuntungan berhubungan dengan orang Ambon karena dengan sangat mudah, mereka akan membantu teman yang sedang kesusahan, tapi ingat poin 4.

#7 orang Ambon tidak takut pada ancaman/ teror, peluru, tembakan hingga bom sekalipun
Orang Ambon hanya takut (hormat) pada orang tua dan Tuhan. Mau main keroyokan ? mereka tidak akan lari, sekalipun akan pulang dengan luka - luka, mereka tetap tidak takut dan akan menghadapi ancaman. Cari saja artikel atau berita tentang kerusuhan di Ambon, tawuran pelajar dll. Ada tidak kalimat yang menuliskan kalau mereka lari kocar - kacir atau dengan frase yang mirip ?. Bukti yang baru - baru ini menjadi trending topik adalah insiden bom Sarinah Jakarta, di saat banyak orang lari kocar - kacir sembunyi di berbagai gedung - gedung, hanya AKBP Untung Sangaji yang berani maju untuk mencoba menetralisir lokasi (bayangkan pengeboman dan terorisme). Beliau itu orang Ambon.

#7 humoris
Sedang sedih ?. mintalah pada teman orang Ambon untuk membawakan suatu cerita mob, dijamin anda akan langsung fresh seperti baru selesai gajian. Tidak ada orang Ambon yang melewatkan harinya tanpa tertawa, sebisa mungkin mereka akan tertawa sekalipun tidak ada hal lucu.

#8 jam Karet
Sekalipun orang Ambon punya banyak kelebihan, tetap saja ada kekurangan dan yang paling menonjol TONJOL adalah jam karet. apa saja pasti terlambat.

#9 mereka sulit menerima penilaian negatif
(kalau ada orang Ambon yang baca), pasti anda berpikir kalau poin 8 itu tidak semua orang. omong kosong, semua orang juga bilang hal yang sama padahal tetap aja jam karet !

# sekedar tambahan yaitu 'terlalu bersemangat'
Banyak orang Ambon yang karakternya mutmutan, kadang bahagia, kadang cepat sedih. Khusus bahagia, mereka akan sangat (amat) bersemangat jika sedang tertarik pada suatu hal misalnya ketika sedang membaca artikel ini, mereka terlalu bersemangat sampai tidak menyadari kalau ada poin #4 sebanyak dua kali dan poin #7 sebanyak dua kali. Setelah itu mereka akan melakukan scroll ke atas untuk memastikan.


Kesembilan tempramen di atas merupakan sifat yang paling umum yang dimiliki orang Ambon, masih banyak lagi sifat - sifat yang khusus dan spesial yang sebaiknya diketahui secara langsung dibanding hanya membaca postingan ini.



#tahuribabunyi

Share this:

Lirik Lagu Daerah Maluku said...

kurang satu mas orang ambon suaranya merdu untuk bernyanyi baik lagu daerah maupun lagu nasional hingga internasional mereka bisa menyanyikan dengan baik

Oliver Jones said...


I'll immediately seize your rss feed as I can not find your email subscription link or e-newsletter service. Do you have any? Kindly allow me recognize so that I could subscribe. Thanks. paypal credit login

 
Copyright © tahuribabunyi. Designed by OddThemes