Semangat Bung Karno voor Saumlaki

Bung Karno sebagai tokoh bersejarah yang memegang peran penting cikal - bakal terbentuknya NKRI memiliki mimpi yang besar dan dibarengi dengan kerja keras yang tidak kenal putus asa. Semua kerja kerasnya membuahkan hasil yang sangat berdampak dan menjadi inspirasi baik skala nasional maupun internasional. 

Monumen Bung Karno di Kota Saumlaki - Maluku Tenggara Barat
source

Beliau memahami betul bagaimana perjuangan kemerdekaan dari Sabang sampai Merauke termasuk di dalamnya sebuah kota kecil di Kepulauan Tanimbar yaitu Saumlaki. Dengannya beliau pernah melakukan kunjungan kerja (4 November 1958) ke Kota Saumlaki dengan membawa duta - duta besar mancanegara beserta wartawan lokal. Maksud dari kunker ini adalah untuk memberikan semangat perjuangan bagi masyarakat Saumlaki serta memperkenalkan kota kecil ini pada dunia. 

Untuk mengenang peristiwa bersejarah itu, telah dibangun monumen Bung Karno di pusat kota dengan harapan masyarakat Saumlaki akan terus mengingat semangat perjuangan yang pernah beliau bagikan. Patung yang diresmikan (25 Agustus 2015) Mentri Dalam Negeri Tjahjo Mumolo ini berdiri dengan anggaran sebesar 2,2 miliar.

Sayang sekali setelah kunjungan Bung Karno tersebut, tidak ada lagi kunker presiden atau dengan kata lain sepanjang sejarah Presiden Indonesia, tidak ada satupun presiden yang pernah datang ke Saumlaki selain Bung Karno. 

Sekalipun hanya sebuah daerah terpencil dari jajaran NKRI, daerah yang kaya akan hasil laut ini merupakan pintu depan Indonesia untuk Timor Leste dan Australia (Darwin). Sudah seharusnya daerah ini mendapat perhatian khusus bagi pemerintah sekarang sebagai sarana bilateral kemaritiman antar negara tetangga. 


ref:
http://sastra-pembebasan.10929.n7.nabble.com/sastra-pembebasan-Tangani-Bencana-Baru-Rombak-Kabinet-Boediono-Pejabat-Kedua-Datangi-Saumlaki-td1117.html


#TahuriBabunyi

Share this:

 
Copyright © tahuribabunyi. Designed by OddThemes