DIBALIK NAMA RICHARD LOUHENAPESSY

Salam pela gandong !

Bagi sebagian kalangan, kesuksesan memang relatif apalagi lebih fokus pada hasil akhir tanpa melihat lika - liku proses yang dilewati. Tetapi kita semua pasti sepakat jika kepemimpinan yang berpengaruh atau berdampak baik bagi sesama bahkan lingkungan merupakan taraf penting dalam menilai kesuksesan seseorang. 

Profil inspirasional kali ini mengangkat sebuah nama yang tidak asing lagi bagi orang Maluku yaitu Richard Louhenapessy, SH. Wali Kota Ambon yang menjabat dari tahun 2011 hingga sekarang ini memang sangat berdampak bagi Maluku khususnya Kota Ambon, segudang prestasi selama masa jabatannya membuat beliau sangat dikenal baik dalam ranah pemerintahan Indonesia.

Richard Louhenapessy
Richard Louhenapessy

Tentu tidak semudah membalik telapak tangan untuk memimpin kota Ambon yang kecil ini, tetapi Pak Ris (panggilan akrab) justru berani untuk mengambil keputusan yang dibarengi dengan sejumlah bekal yang beliau miliki. Selama masa sekolah hingga kuliahnya, beliau ternyata sudah terlibat di berbagai organisasi - organisasi formal. Dengan kata lain, jiwa kepemimpinan Pak Ris sudah dibangun sejak usia yang relatif muda.

Mulai dari organisasi kampus dengan jabatan anggota senat mahasiswa kemudian menjadi sekertaris senat mahasiswa (keduanya dalam lingkup fakultas hukum) hingga anggota Badan Koordinasi Kemahasiswaan UNPATTI. Beliau juga aktif di organisasi luar kampus seperti GMKI dengan beberapa tanggung jawab yang beliau miliki.

Pengalaman organisasi Pak Ris tidak sampai di situ, tetapi berlanjut ke dunia Parpol dengan jabatan - jabatan yang diperoleh beliau secara bertahap hingga menjadi Wali Kota sampai sekarang ini. Bisa dibayangkan pengalaman beliau dalam berorganisasi telah ditempuh selama puluhan tahun.

Selama masa jabatan Pak Ris sebagai Wali Kota Ambon hingga saat ini, kota Ambon telah meraih banyak penghargaan seperti penghargaan Adipura 2015 dengan kategori kota terbaik dalam standar pelayanan publik, rekor MURI untuk kategori kota dengan ornamen (hiasan) Natal terbanyak pada akhir tahun 2015 dan sejumlah penghargaan lainnya. Belum lagi mengenai event Mangente Ambon 2015 yang mampu mendongkrak perekonomian daerah bahkan kebudayaan lokal yang mampu membuat Maluku lebih dikenal dunia.

Sebagai generasi muda, sudah sepatutnya kita mencontohi perjuangan Pak Ris dalam memberikan dampak positif bagi tanah tumpah darah. Beliau membuktikan bukan saja kesuksesan sebagai hasil akhir yang didapati tetapi juga seluruh proses panjang yang menjadi pengalaman yang sangat berharga sebagai faktor penting dalam segudang prestasi yang diraihnya. Terlebih lagi, dari semua kisah inspiratif  Pak Ris, beliau tetap rendah hati dan murah senyum. 

Semoga semangat kepemimpinan Pak Ris ini dapat menjadi motivasi yang kuat bagi generasi muda sekarang guna memberikan kontribusi yang baik bagi Maluku ke depan.


ref :
http://www.ambon.go.id/walikota/
http://www.ambon.go.id/kota-ambon-raih-penghargaan-ornamen-natal-terbanyak-2015/



#tahuribabunyi

Share this:

 
Copyright © tahuribabunyi. Designed by OddThemes