Laut Banda Menyimpan Rahasianya Sendiri !

Laut Banda berada pada area kepulauan Maluku atau lebih tepatnya di bagian barat daya pulau Ambon dengan luas kisaran 500 x 1000 km persegi. Sedangkan dataran terdekat dengan laut tersebut adalah kepulauan Banda (Banda Naira) yang sudah terkenal sejak jaman sebelum masehi karena potensi Pala dan Fuli yang dimiliki daerah tersebut. 


Berbeda dengan hasil darat, Laut Banda juga menyimpan banyak kekayaan laut tidak kalah menarik bahkan menyimpan banyak misteri. Laut Banda terkenal dengan palung lautnya yang berkedalaman lebih dari 7000 meter sehingga belum ada seorang penyelam yang berhasil mencapai dasar. Cahaya mata hari sendiri tidak mampu menembus hingga palung laut.

Pada tahun 2015, seorang nelayan setempat pernah diliput dalam situs nationalgeographic.co.id karena penemuannya yang sangat menggemparkan dunia yaitu seekor ikan aneh.

misteri laut banda
image source : http://nationalgeographic.co.id/berita/2015/09/penjelasan-ahli-ekologi-laut-jelaskan-soal-ikan-misterius-di-laut-banda

Laut Banda merupakan salah satu laut terdalam di dunia. Itu berarti banyak spesis yang hidup dalam laut tersebut sehingga wajar saja ada ikan aneh yang kerap kali ditemukan oleh nelayan. 

Menurut cerita turun - temurun dari beberapa penumpang kapal jalur Ambon - Tual - Saumlaki, pernah mereka melihat binatang - binatang laut raksasa ketika melintas Laut Banda seperti ikan paus, gurita, kura - kura dll. 

Wajar saja kalau tempat ini berhasil menarik perhatian dunia seperti pada event Sail Banda.

Ekspedisi Snellius :
Pada tahun 1929-1930, pemerintah kolonial Belanda mengadakan riset kelautan di daerah ini dengan menggunakan kapal HMS Willebrord Snellius. Dalam ekspedisi Snellius ini, para peneliti kelautan berhasil meneliti kedalaman laut Banda dan berhasil menetapkan bagian terdalam Palung Laut Banda, yaitu 7440 meter.

Apa yang ada di palung laut ini ? apakah banyak binatang raksasa seperti cerita rakyat setempat ?

Sangat - sangat dalam sekali palung Laut Banda yang masih menyimpan banyak misteri, kita hanya bisa mensyukuri pemberian sang pencipta dan tetap menjaga alam ciptaan-Nya.



#tahuribabunyi

Share this:

 
Copyright © tahuribabunyi. Designed by OddThemes