Mengapa Harus Minum SOPI ?

Nama sopi sendiri merupakan ejaan dari hasil akulturasi bahasa Belanda yaitu  zoopje yang berarti alkohol cair. Penduduk lokal sudah mengenal minuman ini sejak ribuan tahun lalu mengingat banyak sekali pohon sageru (aren) yang tumbuh dan berkembang di setiap pulau - pulau Maluku. Seiring perkembangan jaman, minuman ini pun dilarang oleh pemerintah dan diilegalkan dengan alasan keamanan, tapi mari kita lihat alasan - alasan logis mengapa kita harus minum sopi;

ilustrasi SOPI
image source : http://img.wartakesehatan.com/content/.thumb/2015/9/large-sopi.jpg


#1 : Sopi dibuat dari bahan 100% alami (tanpa bahan kimia buatan)

Kita semua sepakat, sopi dibuat dari hasil fermentasi air aren yang dicampur dengan bubuk akar husor agar air sageru tidak menjadi manis seperti gula merah. Air ini pun akan dimasak menggunakan tungku dengan wadah tertutup hingga menghasilkan uap air yang kemudian dialirkan melalui mambu dan dikumpulkan dalam botol. Ini adalah ketrampilan membuat minuman yang sudah ada sejak jaman dulu.

#2 :  Lebih dari sekedar minuman keras

Di titik inilah, sopi paling sering disalahgunakan. Orang Maluku sangat memahami bahwa minuman ini merupakan bagian yang tidak bisa dihilangkan dalam prosesi adat, mulai dari pembukaan suatu acara adat, proses menerima tamu, penyelesaian masalah (dudu adat) dll merupakan cikal - bakal kegunaan sopi. Artis papan atas seperti Chico Jericho dan Nadine Chandrawinata pun pernah menikmati minuman ini ketika sedang mengikuti proses adat orang Maluku.

#3 :  Vitalitas dan menambah energi

Belum ada penelitian yang detail mengenai hal ini, tapi untuk kalangan pekerja keras seperti buruh, ojek, kuli bangunan dll sudah terbiasa untuk minum beberapa sloki sebelum bekerja karena mereka merasa lebih segar dan bersemangat untuk melakukan pekerjaan, mereka juga paham agar jangan sampai kebanyakan minum, hasilnya akan fatal.

#4 : Produk khas daerah

Sudah semestinya kita melestarikan seni membuat sopi hingga menjualnya ke manca negara. Sangat lucu ketika banyak minuman keras import (dari negara lain) bisa dijual di bar, kafe, discotic bahkan restaurant tetapi produk daerah sendiri justru diilegalkan. Mengapa tidak sekalian saja pemusnahan masal pohon aren.

#5 : Mata pencarian

Sudah banyak para sarjana hingga doktor yang bersaksi bahwa mereka berhasil dalam study karena orang tua mereka yang bekerja sebagai pembuat/penjual sopi. Pembuat sopi merupakan alternatif mata pencarian ketika laut sedang mengamuk dan tanah sedang gersang (tidak memberikan hasil). 


Oya, pastikan anda sedang tidak mabuk ketika membaca artikel ini, karena banyak orang di luar sana yang melakukan berbagai hal dalam keadaan mabuk termasuk ketika mengantar anak mereka ke sekolah.  Lebih parah lagi ketika mengandalkan minuman keras untuk memberanikan diri dalam perkelahian atau bahkan hanya sekedar menyatakan cinta. Tapi apakah itu alasan rasional untuk menikmati minuman ini ?



#tahuribabunyi

Share this:

 
Copyright © tahuribabunyi. Designed by OddThemes