6 Fakta Cengkeh Maluku

Kita akan sepakat djika ada orang yang mengatakan kopi dan pisang adalah hasil komoditi Brazil, Anggur yang didominasi orang Eropa, atau kurma di Timur Tengah. Ternyata Indonesia juga punya tanaman khas dan menjadi incaran bangsa - bangsa di dunia. Lebih tepatnya di Maluku, terdapat tanaman yang paling terkenal bahkan sejak masa SM yaitu CENGKEH (Syzygium aromaticum, syn. Eugenia aromaticum). 

cengkeh maluku
Cengkeh
image source: http://img.antaranews.com

Berikut ini adalah fakta yang akan membuat anda terkagum - kagum dengan tanaman unik ini ;
 
#1. Medis & Bumbu Masakan

Olahan cengkeh dalam dunia medis paling umum sebagai pembersi mulut dan menyembuhkan sakit gigi karena memiliki fungsi anastetik dan mirobial, sedangkan pada musim dingin, cengkeh sangat beguna dalam metamolisme tubuh khususnya memperlancar peredaran darah dan membantu proses asimilasi/pembakaran dalam lambung. Pada abad ke-4, pemimpin Dinasti Han dari Tiongkok memerintahkan setiap orang yang mendekatinya untuk mengunyah cengkeh agar tidak bau mulut.

#2. Peribadatan


Di cina, cengkeh digunakan untuk keperluan dupa yang dikolaborasikan dengan komponen/rempah - rempah lainnya.

#3. Sejarah Dunia

Fakta berikutnya mengenai cengkeh adalah terlibat sebagai komoditi dunia seperti pada bangsa Mezir digunakan dalam proses mumifikasi yaitu mengawetkan mayat dengan cara meracik dan meletakan rempah - rempah di dalam mayat. Pada masa Romawi, cengkeh digunakan sebagai bahan obat - obatan dan masakan para pejabat. Hingga ke Spanyol (Tordesilas), Portugis (Kesultanan Ternate) dan Belanda (Hongitochten), cengkeh masih eksis sebagai alat tukar menukar sekaligus komuditi utama bangsa - bangsa.

#4. Barter

1 kg cengkeh setara dengan emas 7 gram pada masa 3G (gold, glory, gospel).

#5. Tanda Penyebaran Keturunan Maluku

Cengkeh ternyata tidak cukup dibeli pada masa barter, keterlibatan orang Maluku juga penting dalam mengolah cengkeh dalam berbagai hal, misalnya dalam proses memasak atau pengobatan, orang Maluku sebagai pemilik tanaman ini yang paling paham cara mengolahnya. selain dibudidayakan di berbagai negara seperti di Guyana, Brazil, Zanzybar, Madagazkar dll, daerah - daerah tersebut juga sebagai tenda penyebaran keturunan Maluku berdasarkan penyebaran cengkeh sejak zaman SM.

#6. Hanya di Maluku


Cengkeh asli hanya tumbuh di Maluku, sekalipun telah dibudidayakan di berbagai daerah seperti Makasar dan luar negeri, rasa panas pedasnya tidak sama persis dengan yang tumbuh di Maluku.


Selain cengkeh, masih banyak lagi tanaman - tanaman unik di Maluku seperti Pala, Lemon Cina, Lontar dll. Lebih jelasnya, anda bisa membaca ebook ilmuan terkenal Rumphius dengan judul AMBOINA BOTANICA yang memaparkan setiap tanaman - tanaman unik yang hanya ada di Maluku.



source
https://uminoty.wordpress.com
sejarah VOC


#tahuribabunyi

Share this:

 
Copyright © tahuribabunyi. Designed by OddThemes