Euforia Baris Empang Baguala

Baris - berbaris tidak hanya sebatas pendidikan formal sekolah atau institusi tertentu. Kegiatan yang menguras kedisiplinan, kekompakan dan kreatifitas ini telah menjadi tradisi berbagai daerah. Khusus di Maluku, baris non formal sangat populer baik itu gerak jalan indah layaknya serdadu atau baris empang yang sering dikombinasikan dengan tarian unik.

Euforia Baris Empang
Menjelang 7 september HUT Kota Ambon, kita akan menyaksikan berbagai macam mata lomba diadakan di tiap kecamatan sebagai wujud dari program festival tahunan. Seperti pada Kec. Teluk Ambon Baguala, lomba baris empang diadakan dengan garis start di negeri Waitatiri hingga garis finish di pintu masuk pantai Natsepa.

Euforia baris empang yang telah menjadi tradisi ini semakin menyita perhatian masyarakat daerah setempat karena aksi setiap pesertanya yang unik dan kreatif. ada yang membuat kostum bertemakan budaya, ada yang membuat koreografi tarian daerah, ada barisan yang terdiri dari anak kecil dan masih banyak lagi.

Baris Empang
Baris Empang
Baris Empang
Baris Empang
Baris Empang
Baris Empang
Baris Empang

Tidak tanggung- tanggung, peserta lomba baris empang tahun ini sampai membuat baju/kostum khusus mulai dari pakaian adat hingga kaos sablon bertemakan Alifuru Maluku, ini membuktikan bahwa masih ada anak cucu yang mencintai adat dan budaya. 

Semoga kreatifitas anak muda Maluku seperti ini akan terus terpelihara dan diwariskan pada generasi penerus agar nama Maluku selalu dikenal baik oleh dunia.



credit foto : Rey Malona Alifuru (facebook)

#tahuribabunyi 

Share this:

 
Copyright © tahuribabunyi. Designed by OddThemes