Pesona Pulau Djeudin Bumi Jargaria

Kepulauan Aru atau yang sering disebut Jargaria memiliki banyak potensi pariwisata yang masih belum tereksplor secara sempurna. Misalnya di Aru Selatan bagian tenggara terdapat tujuh buah pulau kecil yang bisa dibilang masih perawan serta belum tercatat secara sempurna pada teknologi Google Maap/Earth. Ketujuh pulau itu adalah pulau Enu, pulau Karang, pulau Kultubai selatan, pulau Marjin-jin, pulau Djeudin, pulau Mar dan pulau Djeh.

sunset pulau enu
sunset pulau Enu
Dengan fokus pada pulau Djeudin, kita akan terkagum dengan keindahan alamnya yang sangat natural. Jelas saja, pulau ini memiliki pantai pasir putih yang sangat indah dan memanjang ke arah pantai sejauh 300-500 meter, biru laut dengan ikan - ikan dan terumbu karang tanpa sampah, hijaunya hutan dengan pepohonan yang tumbuh menjorok ke bibir pantai, serta awan tinta putih yang terkesan sedang melukiskan diri di birunya langit Jargaria akan sangat menghibur anda yang berjiwa traveler atau pecinta alam.

Tanpa perlu keberuntungan langka, pantai ketujuh pulau ini adalah rumah bagi ikan lumba - lumba yang dapat dilihat pada saat matahari terbenam. Pada kondisi khususnya bulan oktober, ada fenomena langka yaitu ikan samandar (latin: Siganus Sp) secara bergerombolan akan memasuki area sungai hutan bakau dari arah laut untuk bertelur, ketika semua ikan ini selesai bertelur maka mereka akan mati. Peristiwa ini disebut orang Jargaria dengan istilah "musim ikan mati". Hal - hal semacam ini menambah ciri khas keunikan pulau Djeudin.

foto - foto pulau Djeudin
Pulau Djeudin
Pulau Djeudin
Pulau Djeudin
Pulau Djeudin

Untuk bisa mencapai salah satu dari ketujuh pulau ini, kita dapat menempuh perjalanan udara selama 2 jam dari bandara internasional Pattimura Ambon menuju bandara Rar Gwamar Dobo. Oleh karena Dobo ada di bagian Aru Utara, direkomendasikan menggunakan kapal atau motor laut milik masyarakat setempat menuju Aru Selatan hingga menyeberang ke pulau Djeudin yang berada di bagian tenggara.

Jika anda adalah salah satu orang yang hendak mengunjungi tempat ini, anda tidak perlu membuat surat keterangan kesehatan dan kelakuan baik dari kecamatan atau RT setempat, anda hanya harus menjaga tata krama, mematuhi aturan adat warga Jargaria serta menjaga kebersihan alam. Begitulah aturannya ketika mengunjungi tempat - tempat wisata di Maluku apalagi daerah yang masih belum terpublikasi seperti tujuh pulau Aru Selatan ini.

pulau Enu, pulau Karang, pulau Kultubai selatan, pulau Marjin-jin, pulau Djeudin, pulau Mar dan pulau Djeh
Aru Selatan bagian Tenggara




credit foto : Barnabas Djukarlem | lakolat.blogspot.com
#tahuribabunyi

Share this:

 
Copyright © tahuribabunyi. Designed by OddThemes