Lopalopa : Tas Selempang Yang Terbuat Dari Pelepah Sagu

Kerajinan tangan seperti perhiasan dari kerang atau anyaman bambu sudah sering kita jumpai di berbagai daerah, tapi bagaimana dengan tas selempang yang terbuat dari pelepah pohon sagu ? 

Tas Lopalopa
Tas Lopalopa
Lopalopa namanya, tas ini dikenal populer di Pulau Seram (Nusa Ina) pada berbagai negeri adat seperti Kamal, Manusela dan Supa Maraina, Maluku Tengah. Terlihat klasik, unik dan artistik, tas ini ternyata mampu bertahan dan bermetamorfosis seiring berjalannya waktu mengingat lopalopa adalah warisan leluhur yang diwariskan secara turun - temurun.

Tas Lopalopa
Tali Daun Sagu/ Daun Tikar
Untuk membuat satu buah lopalopa, dibutuhkan pelepah batang sagu kering dan daun sagu untuk anyaman, bisa juga menggunakan daun tikar atau tali nilon sebagai pengganti tali. Ukurannya pun berfariasi tergantung pelepah yang digunakan, umumnya hanya seukuran tas selempang. Dengan sedikit teknik anyaman lokal, batang sagu kering pun bisa disulap menjadi sebuah tas yang memiliki nilai seni yang tinggi.
Tas Lopalopa

Tas Lopalopa
penggemar tas lopalopa
Biasanya tas lopalopa digunakan sebagai wadah meletakan kapur sirih, pinang dan tabaku (tembakau) rokok linting, namun karena tas unik ini semakin digemari anak muda dan para pendatang, lopalopa juga bisa digunakan untuk meletakan barang-barang seperti sapu tangan, dompet dan handphone (disesuaikan dengan wadah). Untuk kondisi khusus, lopalopa juga bisa kita lihat dipakai pada seorang Kapitan yang siap melakukan cakalele.

 Tas Lopalopa
Lopalopa dipakai seorang Kapitan
Ternyata di Sumatra atau lebih tepatnya di daerah Mentawai lopalopa juga ada tapi dikenal dengan nama Tas Baklu. Wajar saja karena di Sumatera juga tumbuh pohon sagu.

Tas Baklu - Mentawai
Tas Baklu - Mentawai
image source: togatlaggaimentawai.wordpress.com
Sebagai salah satu brand lokal, sangat jarang kita temui kerajinan tangan dalam hal menciptakan tas selempang dengan bahan alami, biasanya hanya anyaman bakul atau anyaman tas perempuan, berbeda dengan tas lopalopa ini, bisa digunakan oleh pria ataupun wanita, anak-anak hingga orang dewasa. 



#lopalopa
#tahuribabunyi 

Share this:

 
Copyright © tahuribabunyi. Designed by OddThemes