Mangente Bubu : Bekerja Sekaligus Wisata

Kehidupan orang laut sangat bergantung dari hasil laut termasuk orang asli negeri Waturu Tanimbar Utara. Aktivitas menangkap ikan bisa kita saksikan setiap harinya jika berkunjung ke negeri pesisir Yamdena Timur ini.

aktivitas laut orang Waturu Tanimbar Utara
Patroli Bubu / Perangkap Ikan

Teknik menangkap ikan yang dipakai orang Waturu terbagi atas empat cara :

#1 Menjaring

Sesuai namanya, ini adalah teknik menangkap ikan yang paling umum digunakan semua orang laut yaitu dengan manggunakan jaring. Teknik ini biasa digunakan orang Waturu untuk menangkap ikan kecil di bibir pantai dalam jumlah banyak atau menangkap ikan di pertengahan laut biru jika laut bersahabat.

#2 Menembak
senapan tembak ikan
senapan tembak ikan by admin
Bukan menggunakan senjata api tapi menggunakan senapan rakitan dengan peluru kawat besi panjang, tentunya dengan peralatan snorkeling kacamata dan kaki katak. Ini adalah cara andalan orang muda dan anak anak.

#3 Mancing

Cara ini khusus untuk kondisi laut yang benar - benar tenang, biasanya pada malam hari dengan mendayung perahu tidak jauh dari bibir pantai. Kalau di area dangkal resiko kail tersangkut batu karang harus diatasi tengan turun langsung secara menyelam untuk melepaskan mata kail yang tersangkut.

#4 Bubu / Perangkap Ikan

Karena tidak mungkin tiap hari selama bertahun - tahun mandi air laut, bubu adalah teknik andalan karena bisa mendapatkan ikan pada siang maupun sore hari tanpa harus turun berenang. Cukup dayung atau tokong perahu, mengangkat bubu dengan tongkat bambu, mengambil ikan yang masuk perangkap kemudian meletakannya kembali.

Ada yang unik dengan metode patroli bubu ini karena untuk orang baru, aktivitas patroli bubu bisa menjadi alternatif wisata karena kita hanya perlu naik perahu, menikmati pemandangan laut dan desa dari jarak jauh, bahkan melihat langsung terumbu karang dari atas perahu karena air laut di Waturu sangat bersih dan jernih.

vlog patroli bubu

Bersama bapa Emu Ratuanik, admin, Deddy dan Egen mendapat sapaan langsung dari ikan samandar dan ikan sakuda yang sudah masuk perangkap di bubu yang pertama. Bubu langsung diangkat, ikan - ikan diambil, kemudian meletakan bubu kembali. Perjalanan pulang sangat menyejukan mata karena pemandangan atas bawah kiri kanan sangat indah.

Mangente Bubu : Bekerja Sekaligus Wisata

Hasil patroli pagi ini cukup untuk makan siang sedangkan ntuk makan malam, dilanjutkan patroli sore hari. Begitu setiap harinya. Jika ada kelebihan maka ikan - ikan biasa dijual di dalam kmapung.



#NegeriWaturu
#tahuribabunyi

Share this:

 
Copyright © tahuribabunyi. Designed by OddThemes