Desa Tawiri : Kolam Pemandian Air Panas Tapi di Pantai

Pemandian air panas di pegunungan sudah biasa, di hutan juga sudah biasa, yang luar biasa ada pemandian air panas di Dusun Weti, Desa Tawiri, Ambon yang belum banyak diketahui orang.

kerusakan lingkungan Ambon
lokasi kolam pemandian air panas yang tertutup bangkai kapal

Luar biasa ! adalah kata - kata yang tepat untuk mendeskripsikan lokasi pantai yang unik ini. Menurut tuturan warga Dusun Weti, pantai ini adalah tempat untuk mencari bia, nelayan buang jaring untuk menangkap ikan dan udang hingga anak - anak yang biasanya mandi di pantai tapi di sebelah kolam karena itu tempat air panas alami.

Sudah puluhan tahun pantai ini terbengkalai dan tercemar karena ada bangkai kapal dan sampah laut 'kiriman dari orang' yang tidak bertanggungjawab.

Anda hanya bisa memasuki pantai ini melalui jalan lorong masuk perbatasan daerah Riang dan Tawiri, tidak jauh dari Bandar Udara Pattimura Ambon. Dari jalan raya, cukup berjalan kaki selama satu menit, anda akan melihat tempat penangkaran mangrove, kolam air panas, bangkai kapal yang tidak terurus dan tentu saja pantai indah dengan pemandangan teluk Ambon.

Sayang sekali lokasi potensi pariwisata ini tidak terlalu diminitai oleh instansi pemerintah yang menangani bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

Baik dari warga, RT, Kepala Soa dan perangkat Desa Tawiri khususnya sekitaran Dusun Weti sangat mengharapkan adanya penanganan khusus terkait pengembangan pariwisata di lokasi ini.

kolam air panas Desa Tawiri
bocah Dusun Weti di kolam air panas tepi pantai

 

Share this:

 
Copyright © tahuribabunyi. Designed by OddThemes