Mengapa Susah Nelpon di Ambon ?

Akhir - akhir ini banyak orang mengeluh karena susahnya telpon ke Ambon dengan fasilitas berbasis SIM Card-GSM. Baik dari luar kota yang melakukan telpon ke Ambon maupun di dalam Kota sendiri tetap saja ada rentan waktu dan kondisi khusus dimana susah sekali untuk melakukan telpon. Secara spontan, beberapa orang menganggap banyak orang yang melakukan telpon jadi sulit untuk melakukan kontak dan mengakibatkan line operator "nomor sibuk".

Sebenarnya sejak dulu, hal ini sudah sering terjadi. berikut dari segi teknis penyebab susahnya melakukan telpon ke Ambon :
  1. Limit Users
    Cellular
    Sumber: Google
    Key Word: Cellular Mobile Communication System
    Sistem cellular berarti ada sel - sel kecil yang berhimpitan dan tergabung satu sama lain yang dipetakan menurut pola tertentu. Masing masing cell dapat dibayangkan dengan wilayah tertentu yang dikelompokan menurut masing - masing provider. Dalam Cell inilah terdapat Limit Users yang berarti dalam area tertentu ada maximal total pengguna yang boleh melakukan telepon secara bersamaan. Misal Limit Users dalam suatu cell ada 35 maka hanya 35 user yang boleh melakukan telpon dalam waktu bersamaan, lebih dari itu maka line operator akan otomatis memberitahukan kepada penelpon lain "nomor sibuk" atau bahkan "nomor di luar jangkauan.
  2. Cell Phone Waiting
    Hal ini sangat identik dengan Limit Users dalam hal range waktu tertentu seperti, event tahun baru, lebaran, natal hingga yang baru - baru ini terjadi yaitu event Pentas Kebudayaan dalam program Pemkot Mangente Ambon. Jika Kondisi Limit Users terpenuhi maka pengguna lain (dalam satu provider) akan sulit melakukan kontak. sebaiknya tunggu beberapa saat lagi baru melakukan call.
  3. S/N Ratio
    Perbandingan Signal dan Nois (sinyal dan gangguan) merupakan faktor yang kadang dilupakan oleh pengguna Cellular. Semakin besar gangguan, maka akan sulit melakukan call dan sebaliknya semakin besar sinyal maka akan sangat lancar melakukan call. Di Ambon, dalam satu tower BTS (Base Transmiter Station) yang mirip menara eiffel itu saja bukan cuma terdiri dari satu pemancar provider, tapi ada beberapa pemancar provider GSM maupun CDMA sehingga antara masing - masing transmiter dapat mengindikasikan distorsi sinyal. Sekalipun dalam implementasinya sudah melalui perhitungan secara matematis, tetap saja ada noise yang dapat menyebabnyak lemahnya sinyal cellular.
SOLUSI :
Kita pasti sudah bisa memperkirakan solusi apa saja yang dapat membantu mengatasi maslah tersebut setelah membaca uraian di atas. Sesuai dengan kondisi Ambon, yang paling dibutuhkan adalah bertambahnya Limit Users agar meminimalisir kemungkinan Call Phone Waiting. Untuk melakukan hal ini, tidaklah mudah, ada sejumlah protokol dan ijin yang harus dilewati agar bisa memenuhi hal tersebut. Lebih dari pada itu, penambahan tower BTS dan adanya cell baru khususnya di daerah - daerah terpencil akan sangat membantu warga Maluku untuk bisa bekomunikasi jarak jauh.



#tahuribabunyi

Share this:

 
Copyright © tahuribabunyi. Designed by OddThemes