Udah tau Forum Anak Maluku ?

Sekarang, anak - anak sudah bisa berorganisasi layaknya orang dewasa. Diakui dan resmi dibentuk oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Struktur organisasi anak ini sangat rapih dan terorganisir. Mulai dari Forum Anak Nasional (FAN), Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan hingga Desa/Kelurahan.

Organisasi ini bertujuan untuk meningkatan kapasitas anak di bidang penanaman nilai-nilai luhur budaya bangsa, nasionalisme, patriotisme, serta pengembangan karakter bangsa yang disampaikan dalam suasana bermain, partisipatif dan rekreatif berdasarkan tema-tema yang ditentukan (dikutip dari website resmi forumanak.id).

Forum Anak Maluku
(Pengurus Forum Anak Maluku Manise dalam kegiatan workshop lingkungan dan penanaman mangrove bertempat di Amrican Corner Universitasn Pattimura 19/06/2023)
 
Kini kepengurusan resmi organisasi Forum Anak Maluku Manise (FAMM) dinahkodai oleh @abimanyu.daniel Abimanyu Daniel Sembiring yang dibantu oleh @jano.limba Jano Primus Limba - Wakil Ketua I, @joysharo_o Joy Sharon Kotalewalae - Wakil Ketua II.

Layaknya organisasi lainnya, FAMM juga memiliki sejumlah divisi yang berperan aktiv dalam perumusan dan eksekusi program kerja, terdiri dari;

Divisi Keuangan
Cardinalia Gan @naligan23

Divisi Kelembagaan & Humas
Aurel Eunike Sopulatu @aurelleunike.s

Divisi Kesekretariatan
Genna D Ayal
Gloria Stella Huwae @gloriahwe

Divisi Kreatif
Asafita Tuanger @asftachr._

Divisi PPA
Eka Salsabila Sangadji @eka_sangadji

Puteri Anak Indonesia Lingkungan
Forum Anak Maluku
(Audiensi FAMM bersama Kepala DP3A dan DLH Provinsi Maluku)

Salah satu program sukses mereka adalah kegiatan PENDEKAR pada 19-20 Juni 2023. Workshop lingkungan dan tutorial menanam mangrove yang diekseskusi besoknya di pesisir pantai Dusun Weti, Desa Tawiri, Ambon.

Tidak tanggung - tanggung, sejumlah proses layaknya organisasi ekspert, mampu mereka lalui bahkan dengan sangat profesional. Mulai dari perencanaan program, Budgeting, Surat-menyurat, Audiensi dengan para Kepala Dinas, Pemerintah Desa Tawiri, RT, Kepala Soa hingga Anak - anak di Dusun Weti pun berhasil mereka koordinir dengan rapih.

Hal ini dibuktikan dengan terkumpulnya 48 Jumbo Trash Bag yang terisi penuh dengan berbagai kategori mulai dari limbah medis, plastik, organik, logam dll dipungut dan dikumpul dengan rapih di lokasi kegiatan. Bahkan sampah - sampah ini pun diangkut dan dibawa ke tempat pembuangan sampah untuk ditindaklanjuti oleh penanggungjawab persampahan.

Bukan itu saja, mereka pun melanjutkan menanam 200 anakan mangrove yang lubangnya sudah digali oleh warga Dusun Weti. Kerjasama lintas jaringan yang patut diapresiasi. 

tanam mangrove ambon
(FAMM bersama anak - anak Dusun Weti, Desa Tawiri, IG @mrsthlrw_)


Maraknya kasus kekerasan, pergaulan bebas dan kriminalitas yang tinggi terhadap anak membuat banyak orang tua harus ekstra hati - hati melakukan pengawasan. Dengan adanya forum anak ini, alternatif pengaduan ancaman dan mitigasi dapat terlaksana apalagi difasilitasi oleh anak - anak itu sendiri. STOP KEKERASAN PADA ANAK, STOP ROKOK PADA ANAK.

 

 

#forumanaknasional
#forumanakmalukumanise






  

Share this:

 
Copyright © tahuribabunyi. Designed by OddThemes