Kabar Gembira Untuk Pasukan Tangkis Wifi

Palapa Ring di Maluku

Seiring berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi di Kawasan Indonesia Timur (KIT). Maluku dipastikan akan segera menikmati fasilitas kecepatan internet maha dasyat dengan basis jaringan fiber optic terintegrasi yaitu Palapa Ring.

Di bawah naungan Kementrian Komunikasi Dan Informatika Indonesia (Menkominfo), proyek palapa ring ditargetkan menjangkau 440 kabupaten/kota di seluruh indonesia, dipastikan akan rampung dan dapat dinikmati secara menyeluruh pada awal 2019.

network palapa ring Indonesia
network palapa ring Indonesia
image source: okezone.com
Seperti pada skema di atas, jaringan Maluku Tengah (garis hijau) menggunakan kabel fiber optic yang sudah ada, sementara untuk MTB-MBD menggunakan jaringan kabel yang baru. Kecepatan internetnya pun sangat bombastis, 10Mbps yang dulunya sangat jarang dinikmati di Maluku, kini akan terasa seperti koneksi yang lambat karena jaringan ini dapat menembus kecepatan download lebih dari 60Mbps setelah diuji coba di Indonesia bagian barat.

Bayangkan jika jaringan ini beroperasi secara maksimal dan menyeluruh di awal 2019, internet kecepatan tinggi yang tadinya mahal justru akan diperoleh secara cuma-cuma di area publik seperti kafe, mall, restoran, tempat cuci mobil, lapangan olah raga dll.

Pelajar dan mahasiswa yang dikenal dengan gelar "pasukan tangkis wifi" tidak akan lagi berlarut - larut dengan loading lambat di talake dan samping kantor pajak (spot utama pasukan tangkis wifi area Ambon). Uang saku yang sering dibelanjakan untuk minuman dan mie telur sebagai teman tangkis wifi akan lebih hemat karena harga internet yang sangat murah. Atau kemungkinan lainnya dua spot utama ini justru akan tergantikan dengan kafe - kafe yang mulai merajalela di tiap kecamatan.

Hanya tinggal bergantung perusahaan penyedia jasa telekomunikasi (provider) untuk merancang desain jaringan skala metropolitan dengan cermat agar instalasi serta pembagian jaringannya tidak 'asal jadi' mengingat tipografi Maluku yang terdiri dari area pesisir, kaki gunung hingga perbukitan, berbeda dengan kawasan Indonesia bagian barat yang cenderung tanah datar.




#tahuribabunyi

Share this:

 
Copyright © tahuribabunyi. Designed by OddThemes