Kebiasaan Lempar Melempar

Stereotip kali ini membahas tentang ungkapan 'Lempar Mangga'
sebenarnya termasuk semua buah yang enak dan bisa dilempari.

Apa yang aneh dengan ungkapan tersebut ?
Kata 'lempar mangga' berarti ada kata kerja dan subjek pelempar serta mangga itu sendiri. Kalau di daerah lain di Indonesia, lempar+objek berarti memegang objek tersebut dan melemparinya misal lempar mangga berarti memegang mangga dan melemparnya atau lempar batu yang berarti memegang batu dan melemparinya.

Di Maluku, ada kecenderungan fokus objek yang berbeda dalam ungkapan kata kerja seperti pada ungkapan 'lempar mangga' sehingga ungkapan tersebut dapat berarti memegang benda lain yang digunakan untuk melempar mangga, misal batu, sandal, ranting dll.

Apakah ini suatu kekeliruan kesalahpahaman makna kata kerja ? tidak, karena ini murni anomali yang cenderung menjadi stereotip khususnya pada makanan atau benda hidup.

Orang Maluku memiliki budaya khusus terhadap makanan yang dikenal dengan istilah 'jang buang - buang makanan' artinya 'jangan membuang - buang makanan' atau dengan makna yang mendalam; nasehat agar tidak menyisakan makanan yang dimakan. Oleh karena itu jangan heran kalau ungkapan 'lempar' digabung dengan objek makanan atau benda hidup maka akan berarti memegang benda mati dan melempari benda hidup, namun ketika ungkapan lempar digabung dengan objek benda mati maka itu akan berarti kata kerja memegang objek benda mati itu sendiri dan melempar benda mati

Lempar Mangga
benda lain untuk melempar
Lee Min Ho Lempar Jambu
(K-Drama 2011) City Hunter (SBS) Lee Min Ho Lempar Jambu
cek ini :

Objek Makanan/Benda Hidup > memegang benda mati untuk melempari benda hidup;
lempar mangga            
lempar kedondong
lempar burung
lempar ayam
lempar anjing
lempar orang

Objek Benda Mati: langsung memegang objeknya untuk dilempar
lempar kayu
lempar bola
lempar piring
lempar topi
lempar baju
lempar sepatu
lempar tipex
lempar pensil

Intinya adalah kalau di Ambon (Maluku), kalimat kerja untuk melempari benda hidup/makanan berarti memegang benda mati lalu melempar benda hidup. Sebaliknya jika melempari benda mati, maka digunakan benda mati itu sendiri untuk melempari benda mati.



#tahuribabunyi

Share this:

 
Copyright © tahuribabunyi. Designed by OddThemes