Embal: Singkong Beracun Yang Diolah Menjadi Makanan Pokok

 Tidak habis - habisnya jika kita membahas mengenai kuliner khas Maluku. Karena banyaknya Negri - Negri maka banyak pula kuliner khas masing - masing daerah. di Kepulauan Kei dan Tanimbar misalnya yang terkenal dengan makan khasnya yaitu embal.

Embal

Embal sendiri merupakan jenis tanaman kasbi (singkong) yang beracun, berbeda dengan kasbi yang sering kita makan. Sulit juga untuk mendeskripsikan jenis tanaman ini karena bentuk fisik yang sangat identik, namun ada tips dari masyarakat setempat agar bisa membedakannya yaitu embal yang memiliki daun yang kecil dan tipis sedangkan kasbi cenderung memiliki daun yang lebar dan tebal. 

olahan embal
kebun embal
image source Sumber foto:http://andrikonotosusanto.blogspot.com/

Dikatakan jenis kasbi beracun karena banyak mengandung zat sianida, tapi bagaimana sampai embal bisa menjadi makanan pokok masyarakat Evav (sebutan untuk penduduk Kei) dan Tanimbar ?. Ternyata ada rahasia dalam pengolahannya yaitu sebagai berikut;

#1 : persiapan panen
Tanaman embal yang sudah berisi dapat langsung dipanen (biasanya dalam jumlah banyak) sebagai bahan dasar segala jenis pengolahan makanan embal

#2 : Dibersihkan
Embal yang sudah dipanen akan melalui proses dibersihkan dari tanah kemudian dikupas. Kulitnya dibuang, isinya diambil dan dicuci bersih. 

#3 : Diparut
Kemudian diparut dengan menggunakan parudang kasbi (alat khusus untuk memarut singkong yang terbuat dari besi).

#4 : Ditampung dalam karung
Hasil parutan embal tersebut kemudian disatukan di dalam wadah karung yang kuat tapi lembut untuk menampung parutan embal yang padat

#5 : Peras
Disinilah proses penting yang menjadi alasan bagaimana racun sianida yang terkandung dalam embal bisa hilang. Masyarakat setempat menumpuk rangkaian papan dan batu di atas karung yang berisi embal tadi selama sekitar satu malam untuk membuat embal menjadi kering dan menjadi tepung.

olahan embal
proses peras racun dari embal yang diparut
source image image source Sumber foto:http://andrikonotosusanto.blogspot.com/

#6 : Tepung
Nah, setelah melalui proses peras, embal sudah menjadi tepung yang halus, kadang tepung ini diangin - anginkan lagi agar bereaksi dengan udara sehingga sisa - sisa racun yang masih ada akan menguap sehingga tepung benar - benar bisa digunakan


Akan ada banyak olahan dari tepung embal yang kaya serat dan karbohidrat ini, seperti embal goreng, embal kacang yang manis, embal hambar yang biasanya dimakan dengan sayur dan ikan, tapi yang paling umum diolah adalah embal love karena berbentuk hati yang sering menjadi teman teh pada makan pagi dan sore.

olahan embal
Embal Love
image source http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/medias/694601/big/20062014-embal.jpg
Orang - orang lebih memilih makan embal dari pada nasi karena kalau makan nasi itu tidak mengenyangkan. Pada saat musim panen yang sangat banyak, aneka olahan dari embal ini bisa bertahan lama dari berbulan - bulan hingga bertahun - tahun yaitu embal goreng dan bahkan tidak akan terkena jamur. Terjawab sudah mengapa jenis tanaman ini bisa sampai menjadi makanan pokok selain sagu.



#tahuribabunyi

Share this:

 
Copyright © tahuribabunyi. Designed by OddThemes