Cara Membuat Kue Kontol Mabuk

Tenang, anda tidak sedang membaca konten pornografi. Kue kontol mabuk merupakan jenis kue yang hanya ada di Maluku sekalipun bahan dasarnya ada di seluruh tempat di dunia. Aneh memang, saking anehnya, tidak ada seorangpun yang mengetahui atau dapat menjelaskan mengapa jenis kue ini dinamai kontol mabuk. Demi membahas postingan kategori kuliner, admin sampai rela membuat kue ini untuk mendapatkan gambarnya dengan harapan pembaca selain orang Maluku dapat mengetahui jenis kue aneh ini.

kue kontol mabuk
kue khas Maluku - kontol mabuk

Untuk pembaca yang bukan orang Maluku, disarankan untuk membaca terlebih dahulu cerita pengalaman salah satu tim indonesia mengajar pada link ini.
Kontol mabuk ini bisa ditemukan di seluruh kepulauan Maluku khususnya daerah yang memiliki ketersediaan terigu dan gula karena memang bahan dasarnya hanya menggunakan gula, terigu dan air. belakangan baru admin tau kalau ada beberapa orang yang mengkreasikannya dengan telur, parutan kelapa setengah matang (bahasa setempat = calakat : kelapa setengah matang), gula merah, susu dll. Sekali lagi pada dasarnya, bahannya hanya air, gula dan tepung.

Cara pembuatan :
1. rendam gula secukupnya di dalam air dan haluskan (intinya hanya air gula)
2. kemudian tuangkan tepung dan haluskan (harus benar - benar halus)
3. Setelah menjadi adonan, langkah selanjutnya adalah digoreng
4. Setelah selesai digoreng, sudah bisa untuk dimakan

Selesai. Memang tahapnya hanya seperti itu, kalau mau tambah telur atau kelapa ya tinggal ditambahkan bersama tepung tadi. intinya hanya satu yaitu adonan yang digoreng. Tapi dalam proses pembuatannya tidak semudah yang dibayangkan, adonan tidak boleh lumer/cair, adonan harus mendekati lembek karena kalau cair, hasilnya akan menjadi kue penekuk (bentuk tipis bundar dan digulung). Minyak goreng dan api yang digunakan juga harus benar - benar pas, kalau tidak pas, kurang dari 5 detik saja adonan akan hangus. Sekalipun sederhana, tetap saja membutuhkan ketrampilan untuk membuat kue ini.

Kue kontol mabuk biasanya menjadi teman teh gula (teh manis) untuk hidangan pagi atau sore. Sedangkan untuk daerah pedesaan khususnya di sekitaran Maluku Tenggara, kue ini sering menjadi alternatif untuk menjamu tamu.




#tahuribabunyi

Share this:

 
Copyright © tahuribabunyi. Designed by OddThemes